Senin, 07 Februari 2011

Gulistan Bab V Kisah 5

Seorang murid mempunyai keindahan yang sempurna dan suara yang lembut, sehingga gurunya sangat menyayanginya. Dia selalu mengulang ayat-ayat berikut,

Aku tidak hanya tertarik denganmu,
Wahai wajah yang menyenangkan,
Ingatanku tentang dirimu telah menguasai pikiranku.
Aku tidak bisa melepaskan pandangan mataku saat melihatmu.
Meskipun saat itu aku berlawanan arah,
Aku bisa melihat datangnya sebuah anak panah.

Salah seorang pemuda bertanya kepadanya, "Apakah engkau berusaha untuk membimbing aku belajar, juga tingkah lakuku. Jika engkau menemukan kesalahan pada diriku, jika aku tidak tahu, katakan kepadaku, sehingga aku berusaha untuk merubahnya." Dia menjawab, "Wahai anakku, mintalah kepada orang lain karena dimataku semua tingkah lakumu menyenangkan."

Mata yang melihat penuh harap akan menusuk hati
Karena hanya melihat kebaikan orang yang disayangi
Tetapi jika engkau mempunyai satu kebajikan dan tujuhpuluh kesalahan
Seorang teman hanya bisa melihat kebajikanmu.

***
292/293

Tidak ada komentar:

Posting Komentar